Rabu, 11 Juni 2008

Lanjutan jurnal sebelumnya, yaitu : "ANALISIS POSITIONING NOKIA N-SERIES MELALUI DIFERENSIASI PRODUK NOKIA DI INDONESIA"

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah:
1. Menganalisis penaruh posisi NOKIA N-SERIES pada produk NOKIA di INDONESIA.
2. Untuk mengetahui gambaran positioning NOKIA N-SERIES pada produk NOKIA di INDONESIA melalui diferensiasi produk.

1. 4 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk:
1. Sebagai pertimbangan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran diwaktu yang akan datang.
2. Dapat memberikan tambahan informasi bagi peneliti berikutnya yang mengambil topik yang sama.
3. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dibidang manajemen pemasaran.

"ANALISIS POSITIONING NOKIA N-SERIES MELALUI DIFERENSIASI PRODUK NOKIA DI INDONESIA"

ABSTRAK
Penelitian ini Bertujuan mengetahui posisi Nokia N-Series melalui diferensiasi produk.
Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif yaitu melihat apa yang di peroleh dengan teori yang ada untuk menghitung bagaimana gambaran positioning produk melalui diferensiasi produk maka akan dipakai metode deskriptif kualitatif yaitu menggunakan skala dikotomi, caranya dengan menghadapkan responden pada sejumlah pertanyaan yang terdiri dari 9 atribut. Dan yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah positioning NOKIA N-SERIES di lihat dari segi diferensiasi produk, terdiri dari bentuk yang ramping, mudah dalam pengoperasian, lebih dingin, mutu yang dijanjikan, usia pakai (daya tahan), mesin yang kuat, mudah di perbaiki, dan ketersediaan suku cadangnya, gaya yang menarik, rancangan yang dapat disesuaikan dengan keadaan.
metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden pengguna NOKIA N-SERIES penyebaran kuesioner dilakukan di wilayah kecamatan sukmajaya (Depok), lenteng agung (Jakarta Selatan), dan margonad (Depok). Yaitu dengan cara mendatangi langsung orang-orang yang menjadi responden secara terpilih yang ditetapkan peneliti yang sesuai dengan sampel.
Dalam menentukan sampel yang diambil untuk mewakili sejumlah populasi, maka jumlah responden sebagai sampel sebanyak 30 (tiga puluh) responden. Peneliti menggunakan metode judge sampe, yang pengambilan sampelnya termasuk dalam sampel non probability, yaitu hasil penelhtian yang didapat hanya digunakan untuk mengetahui gambaran positioning NOKIA N-SERIES yang dikomunikasikan melalui diferensiasi produk. Dimana sampel yang diambil berdasarkan atas karakteristik NOKIA N-SERIES.
Maka akan dapat dilihat hasil penelitian analisis positioning NOKIA N-SERIES melalui DIFERENSIASI PRODUK NOKIA di INDONESIA.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Saat ini perkembanan handphone semakin pesat denan berbagai fasilitas yang menyertainya, sehingga semua produsen handphone memacu segala sumber daya yang ada di perusahaanya agar dapat tetap bertahan dalam peta persaingan usaha. Untuk menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin tajam, perusahaan Nokia menyadari betapa pentingnya pelaksanaan strategi yang efektif. Untuk dapat merebut perhatian konsumen maka perlu dilakukan strategi positioning terhadap suatu produk dalam pasar sejenis agar sesuai dengan image atau persepsi yang ditanamkan oleh perusahaan dalam pikiran konsumen karena memiliki karakteristik produk yang berbeda dengan produk merek lain. Menurut kotler (1997) penentuan posisi atau positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berbeda dalam benak pelanggan sasaranya.
Dalam membeli suatu produk, konsumen sering kali didasarkan pada image yang melekat pada proyek atau konsep diri. Semakin sesuai image konsumen pada produk tertentu, maka makin besar peluang pada produk tertentu, maka makin besar peluang produk tersebut dibeli. Posisi produk adalah cara produk itu didefenisikan oleh konsumen berdasarkan sejumlah atribut atau, tempat produk tertentu dipikirkan konsumen secara relatif terhadap produk-produk yang bersaing (Kotler,p272).
Nama merek serhng kali diciptakan atau disamakan dengan gaya hidup dan kebutuhan tertentu untuk membentuk citra atau posisi produk tersebut. Dan posisi itu diciptakan sebagai langkah penting untuk merebut perhatian pasar yang sangat tinggi, maka perlu dilakukan strategi positioning terhadap suatu produk dalam pasar sejenis agar sesuai denan image yang ditawarkan oleg perusahaan dibenak konsumen.
Diferensiasi produk erat kaitanya dengan produk positioning. Oleh karena itu, perusahaan mengkomunikasikan produknya melalui diferensiasi produk. Didalam diferensiasi produk, NOKIA N-SERIES terdapat atribut-atribut yang berpengaruh dalam membentuk image dari perusahaan. Untuk dapat mengetahuinya konsumen merupakan penggunaan dari produk yang dikeluarkan perusahaan, sehingga konsumenlah yang menentukan atribut mana yang berpengaruh dalam membentuk citra produk. Menurut kotler, kartajaya, Huan, dan Liu, 2003, menyatakan diferensiasi merupakan tindakan merancan seperangkat perbedaan yang bermakna dalam tawaran perusahaan. Tawaran tersebut harus dipersepsikan oleh konsumen sebagai hal yang berbeda, namun harus benar-benar berbeda dalam hal content, context,dan infrastrukturnya.
Dengan demikian penelitian ini sangat penting bagi perusahaan yang perlu dilaksanakan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai posisi stiap produk dipasar, apakah ssuai denan kebutuhan konsumen mengenai posisi setiap produk dipasar, apakah ssuai dengan kebutuhan konsumen atau mirip dengan produk ideal konsumen dan apakah mmiliki posisi yang berbda dengan para pesaingnya serta mempunyai citra yang positif dibenak konsumen.
Karena sangat pentingnya strategi positioning dalam diferensiasi produk maka pada penulisan ini penulis tertarik untuk mengambil judul "ANALISIS POSITIONING NOKIA N-SERIES MELALUI DIFERENSIASI PRODUK NOKIA di INDONESIA".

1.2 Perumusan Masalah
berdasarkan uraian tersebut, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam peneltian ini dirumuskan sebagai berkut:
1. Bagaimana gambaran positioning NOKIA N-SERIES pada PRODUK NOKIA DI INDONESIA melalui diferensiasi produk?
2. Bagaimana Diferensiasia produk NOKIA di INDONESIA berpengaruh pada positioning NOKIA N-SERIES